pesawat min

Transportasi udara memanglah disukai banyak orang karena tidak memakan banyak waktu. Semuanya pun sudah terjadwal jadi penumpang hanya perlu menyesuaikan jadwal mereka.

Namun dibalik praktisnya transportasi udara, terdapat banyak bahaya yang mengancam hingga berpotensi terjadinya kecelakaan. Berikut merupakan 7 kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di Indonesia.

 

  1. Sriwijaya Air SJ 182

9 Januari menjadi hari duka bagi Indonesia karena pesawat Air SJ 182 harus terjatuh. Pesawat ini jatuh antara Pulau Laki dan Pulau Lancang yang terletak di Kepulauan Seribu.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 berisi lebih dari 60 orang yang sedang menuju Pontianak dari Jakarta. Setelah 4 menit lepas landas, pesawat ini pun hilang kontak dan Basarnas pun bergerak.

 

  1. Lion Air JT 610

29 Oktober 2018, Indonesia kembali kehilangan salah satu sarana transportasi udara. Lion Air JT 610 dinyatakan hilang kontak setelah 13 menit terbang dari Bandara Soekarno-Hatta.

Lion Air JT 610 dikabarkan jatuh di perairan Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. 188 orang dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat ini.

 

  1. Air Asia QZ 8501

Setelah 40 menit lepas landas dari Bandara Juanda, Air Asia QZ 8501 dinyatakan hilang kontak. Kejadian ini terjadi tepat pada tanggal 28 Desember 2014.

155 orang yang menaiki pesawat dengan rute Surabaya-Singapura ini dinyatakan meninggal dunia dan tidak ada yang selamat satu pun. Selat Karimata menjadi kemungkinan tempat pesawat tersebut jatuh.

 

  1. Sukhoi Superjet 100

Kapal buatan negara Rusia ini dikabarkan hilang kontak dan kemudian menabrak Gunung Salak pada 9 Mei 2012. Gunung Salak sendiri terletak di daerah Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Pesawat ini lepas landas di Bandara Halim Perdana Kusuma dan berisi 50 orang. Tidak ada penumpang maupun awak kabin yang selamat dalam kecelakaan tersebut.

 

  1. Lion Air JT 583

Akhir bulan November pada tahun 2004 ditutup dengan kecelakaan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 583. Pesawat ini tergelincir saat akan mendarat di Bandara Adisumarno yang terletak di Solo, Provinsi Jawa Tengah.

146 penumpang berada pada pesawat yang memiliki rute Jakarta-Surabaya tersebut. Beruntungnya, tidak semua penumpang meninggal dunia melainkan 26 orang dan sisanya mengalami luka ringan hingga luka berat.

 

  1. Mandala Airlines RI 091

Mandala Airlines dengan nomor penerbangan RI 019 dikabarkan jatuh di Medan, tepatnya di kawasan Padang Bulan. Kejadian ini terjadi pada tanggal 5 September 2005 yang menewaskan 100 orang.

Pesawat Mandala Airlines RI 091 sedang lepas landas dari Bandara Udara Polonia dengan rute Medan-Jakarta. Tak hanya penumpang, 49 warga Padang Bulan juga menjadi korban dalam insiden kali ini.

 

  1. Adam Air KI 574

1 Januari 2007 menjadi hari duka dimana maskapai Adam Air dengan nomor penerbangan KI 574 dinyatakan hilang kontak. Pesawat yang tenggelam di perairan Sulawesi ini memiliki rute penerbangan Surabaya-Manado.

Beruntungnya, black box ditemukan pada tanggal 27 Agustus 2007 di kedalaman 2 kilometer. 102 orang dinyatakan meninggal dunia akibat kecelakaan ini.

 

Itulah 7 kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di Indonesia. Kita harus selalu update berita setiap harinya, kamu bisa mendapatkan berita di rcti plus INews TV ataupun pada aplikasi RCTIplus. Pada aplikasi tersebut juga kamu dapat melakukan streaming berbagai stasiun Televisi lainnya.